Kini berita hoax yang ada di facebook dapat anda laporkan, begini cara untuk mengatasinya
mark zukerberg

Hoax kini suddah sangat mudah beredar sekali, oleh karena itu banyak sekali pihak yang mendapatkan akibat dari hal ini terutama Facebook selaku social media paling banyak digunakan saat ini, terlebih lagi setelah Donald Trump memenangkan pemilihan presiden AS, banyak warga yang menyalahkan Facebook.

Untuk menanggapi hal ini, CEO Facebook Mark Zuckerberg telah mengungkapkan kepada pers bahwa dirinya akan berusaha untuk menghapus segala macam berita hoax di facebook, seperti yang dilansir leh tekno liputan6.com bahwa Adam Moserri, VP News Feed Facebook mengatakan bahwa mereka telah membuat beberapa fitur yang dapat mendukung penghapusan berita hoax, beberapa fitur tersebut adalah sebagai berikut :


fb

1.Tombol Pelaporan

Memang tombol ini sudah ada sejak lama, tetapi kini tombol pelaporan dibuat di dalam status sehingga akan lebih mudah dalam melaporkan berita-berita yang mengandung hoax ataupun sejenisnya.
Pengguna hanya tinggal menekan tombol di sudut kanan berita dan melaporkannya, cara ini terbukti dapat membantu tim facebook dalam mendeteksi berbagai berita hoax.



2.Memperingatkan Beberapa Hal Yang Diperdebatkan

Akhir-Akhir ini facebook sudah mulai bekerja sama dengan International Fact Checking, dimana organisasi ini akan melakukan pengecekan fakta dimana setelah pengguna melaporkan sebuah berita maka berita tersebut akan dikirimkan pada organisasi tersebut dan jika memang teridentifikasi berita itu palsu maka facebook akan memberikan tanda dan tautan ke berita yang benar, jika memang artikel tersebut tidak benar maka otomatis facebook akan menandainya dan menonaktifkan iklan dari artikel tersebut.


3.Berbagi Informasi Yang Benar

Facebook menemukan sebuah konsep bahwa jika membaca artikel dapat mendorong seseorang untuk membagikan artikel tersebut secara signifikan maka, mungkin saja itu bisa jadi bahwa artikel yang dapat menyesatkan orang dalam beberapa hal. 


4.Memutus Insentif Finansial Bagi Penyebar Hoax

Facebook juga menemukan bahwa menyebarkan berita hoax, semuanya berlatarbelakangkan uang atau ingin menghasilkan uang dengan menyebarkan hoax.
Untuk hal itu facebook sudah menyiapkan berbagai cara agar situs tersebut tidak dapat ditampilkan di facebook, sehingga mereka tak dapat menghasilkan uang melalui hoax dari facebook tersebut. 

Axact

Mr.Instinc

Jangan Pernah Menyalahkan Orang Lain atas apa yang kamu Perbuat

Post A Comment:

0 comments: